Jumat, 13 September 2013

Model Kubus Rubik Menjadi Permainan Rubik di komputer

Permainan Rubik merupakan permainan yang mengasah otak. Setiap kalangan dari jenis manusia merasa tertantang untuk memecahkan permainan ini secara cepat, bahkan sudah diperlombakan sampai tingkat internasional.
Pertama kali saya mengenal permainan ini sekitar setahun yang lalu atau sekitar 2012, saya mempelajari dari keponakan saya. Dalam benak saya permainan ini dapat dimodelkan dalam bentuk komputasi.
Model permainan kubus rubik ini saya coba desain ulang di komputer menggunakan bahasa pemrograman delphi, karena pembuatannya terlalu singkat maka model rubik ini saya buat dalam bentuk yang masih sederhana.
Tampilan utama model rubik dapat dilihat seperti berikut :

Program utama Model Rubik
Model permainan rubik ini dibuat dengan beberapa ordo. dari ordo 2 sampai ordo 10, sebenarnya bisa dibuat sampai ordo berapapun tapi dibatasi sampai 10 saja.
Contoh Bentuk pilihan ordo pada permainan rubik
, contoh - contohnya seperti gambar berikut ini :
  1. ordo 2 
    Rubik ordo 2 x 2 x 2
  2. ordo 3 seperti pada gambar di atas
  3. ordo 4
    Rubik ordo 4 x 4 x 4
  4. ordo 5
    Rubik ordo 5 x 5 x 5
  5. ordo 6
    RUbik ordo 6 x 6 x 6
  6. ordo 7
    Rubik ordo 7 x 7 x 7
  7. ordo 10
    Rubik ordo 10 x 10 x 10
Pengaturan program ini ada di dalam menu option
Rubik ordo 10 x 10 x 10
Model permainan rubik ini menggunakan OpenGL, karena pemrogramannya akan lebih mudah dan cepat.
Rekan-rekan pembaca bisa mendownload program dan script lengkapnya :
Model rubik ini belum saya kembangkan untuk solusi komputasinya, saya hanya baru merancang 1 jalan solusi. Semoga pada postingan selanjutnya saya paparkan model rubik yang lebih baik. 
saya harapkan rekan-rekan mengomentari dan memperbaiki model ini. Saya sedang mengembangkanmodel yang lain, tunggu saja postingan selanjutnya, diantaranya model terrain, hydrodinamic, juga aplikasi yang lainnya yang biasa digunakan oleh pengguna komputer serta game-game lainnya. jadi tunggu saja postingan selanjutnya.
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar